Layakkah Indra Sjafri Menjadi Pelatih Timnas Senior

In Sepakbola
Layakkah Indra Sjafri Menjadi Pelatih Timnas Senior

Kegagalan timnas senior di ajang Piala AFF 2014 menjadi sorotan penting sepakbola nasional. Mendapat hasil imbang kontra Vietnam dan kalah dari Filipina membuat timnas harus bekerja lebih keras lagi. Masih ada satu sisa laga terakhir yakni dengan melawan Laos, timnas harus menang setelak-telaknya dan berharap Vietnam kalah dari Filipina.

Kegagalan memang sering di dapat timnas, namun kegagalan bukanlah akhir dari semuanya. Bila benar gagal, maka jadikanlah kegagalan ini sebagai hikmah dan modal belajar agar timnas bisa lebih baik dan baik lagi.

Salah satu pengguna kompasiana memberikan opini bahwa timnas harus melakukan evaluasi, koreksi, dan perbaikkan.

1. Evaluasi kompetisi
Sudah benarkah kompetisi kita? Kasus sepakbola gajah dan penjadwalan kompetisi yang tidak rapih merupakan noda yang harus di hapus, harus ada ketegasan di dalam hal disiplin berkompetisi, lalu juga harus ada evaluasi secara berkala untuk pemain asing yang ingin merumput di liga Indonesia.

a. Tidak adanya pergantian permain saat pertandingan memasuki menit injury time.
b. Apabila pertandingan draw, lanjutkan dengan perpanjangan waktu, bila masih draw juga, lakukan adu penalti. Hal ini berfungsi untuk membentuk stamina para pemain dan mengasah mental mereka. Sebelumnya hal ini pernah di pakai Jepang di J-League.
c. Pemain asing yang ingin merumput di Indonesia harus di lihat track recordnya, harus jelas dan berasal dari kompetisi yang lebih bagus.

2. Evaluasi pelatih timnas
Liat sejarah AFF, pelatih yang menjabat dua kali pasti gagal. Flashback ke Peter White, saat pertama kali melatih timnas ia mampu mengantarkan timnas ke final AFF, lalu di final kalah dari Singapura. Selanjutnya, pada AFF berikutnya timnas gagal masuk semifinal, empat tahun lalu Riedl juga mampu mengantarkan timnas ke final, namun sekarang?

Siapa yang layak untuk melatih timnas? Indra Sjafri? Pelatih ini melibatkan teknologi dalam meracik kekuatan timnas U-19, tegas, berwibawa, dan mau menerima kritikan/masukan. Dia layak melatih timnas senior, Indra Sjafri telah membuktikan walaupun cuma di level junior.

Sumber

Komentar Melody JKT48 Tentang Timnas Indonesia
Timnas Indonesia gagal melaju ke semifinal meskipun
  1. aCMaL Blaugrana3 years ago

    Pak Indra syafri jauh lebih baik dari pada Alfred Riedl, Permainan pelatih indra syafri lebih terorganisasi dari pada Alfred Riedl

Leave a reply "Layakkah Indra Sjafri Menjadi Pelatih Timnas Senior"

Must read×

Top
Creampie